Coke Vs Mentos

Selasa, 30 September 2008

Pasti banyak dari kalian yang udah pernah melihat fenomena ini di Discovery Channel, NGC atau Youtube. Pas pertama kali gue ngeliat juga awalnya gak percaya dan mikir “Kok bisa yah…” sampai akhirnya gue dan temen gue Adjie penasaran banget pingin ngeliat aslinya. Karena kita enggak gampang percaya sampai kita bisa membuktikannya sendiri.

Ya udah, suatu sore akhirnya kita ngumpul di tempat dia dan kita belanja minuman soda banyak banget, ada Coca Cola, Fanta, Sprite dan Diet Coke. Sama 6 bungkus mentos. Kita juga nyiapin obeng dan tusuk gigi.
Yang pertama kita lakuin adalah membuat sate mentos. Karena kalau kita masukin mentosnya satu per satu akan ribet banget. Karena pasti sebelum mentos kedua masuk, reaksi dari mentos pertama sudah terjadi dan coca colanya sudah muncrat. So…sate mentos adalah solusi yang paling tepat.


Cara membuat sate mentos :
    1. Siapkan obeng untuk menusuk yang tidak terlalu besar.
    2. Tusukan ke mentos, tapi jangan sampai tembus, hanya pecahkan saja lapisan luarnya yang agak keras
    3. Setelah itu tusuk dengan menggunakan tusuk gigi.
    4. Lakukan ini berulang-ulang hingga menjadi sate mentos.
Kalau sudah jadi sate mentosnya…

Let’s do the experiment!

Kita menggunakan botol coca cola 2 liter karena mulut botolnya yang lumayan besar untuk dimasukin sate mentos. Dan juga isinya yang banyak membuat rea

ksi semakin lama.
Begitu botolnya dibuka, kita enggak boleh terlalu lama membiarkannya, karena gasnya akan terbuang dan bisa mengurangi efek reaksinya. Begitu udah kebuka, langsung deh kita cemplungin sate mentosnya…dan inilah ya ng terjadi :

Ternyata reaksi cola dengan mentos membuat selur uh soda dalam coca cola tersebut muncrat keluar hampir setinggi plafon rumah, dan yang tersisa dalam botol hanya 1/3 dari isi utuhnya. Kenapa bisa seperti itu ? Kita juga ingin tahu sebenarnya, untuk info bisa dibaca di Wikipedia Diet Coke and Mentos Eruption.


Keren ya…Huehuehue..nah, dengan reaksi ini, sebenarnya kita bisa membuat banyak hal, seperti roket coca cola.

Facts behind the experiment

  1. Sisa dari reaksi cola vs mentos yang tertinggal di dalam botol, apabila diminum rasanya manis doang, rasa sodanya udah gak ada lagi.
  2. Selain coca cola, reaksi yang sama juga terjadi dengan Sprite dan Pepsi, tapi ketika kita mencoba dengan Fanta merah, reaksinya hanya kecil sekali, tidak seperti yang lainnya itu. Kita tidak tahu mengapa seperti itu.
  3. Menggunakan Diet Coke lebih bagus lagi, karena kadar gulanya yang rendah, membuat tangan kita tidak lengket-lengket ketika terciprat semburan cola dalam melakukan eksperimen ini.


0 komentar: